Rabu, 09 Maret 2016

Pengrajin Baju dan Accessories Perlengkapan Tari Tradisional Salah Satu bentuk kreatifitas Sanggar Beksi H.Sulaiman



Rabu,9 Maret 2016

Di temani Ipeh dan Mpo Nda kami bersilaturahmi ke Sanggar Beksi H.Sulaiman Di ps.Nangka Kayu Besar  Jakarta Barat.
Sanggar Beksi H.sulaiman  merupakan salah satu member dari Pagar Budaya Betawi,yang dibina oleh Bang Ust.Toni dan sebagai ketua sanggar Bek Nata.
Ada beberapa bentuk kreatifitas disanggar ini yaitu :Seni pukul Betawi,Palang Pintu Betawi,Tari,baju dan accessories perlengkapan tari tradisional.

Kebetulan hari itu jadwal Lenong Pagar Budaya Betawi melakukan latihan keliling sanggar.Disanggar Beksi H.Sulaiman kami bertemu dengan Bang Yosef salah satu pengurus disanggar tersebut.Obrolan kami mengenai kegiatan disanggar,dan Bang Yosef memberikan info juga bahwa salah satu bentuk kreatifitas disanggarnya ada pengrajin baju dan perlengkapan Tari Tradisional.Tanpa membuang waktu kami langsung meluncur ke tempat pembuatannya.

Bang Chayoen dan Istri tampak sedang sibuk membuat baju dan accesories,namun mereka tetap dengan ramahnya menyambut kedatangan kami.

Bang Chayoen mempunyai anak seorang penari tradisional dan juga anggota dari sanggar beksi H.sulaiman.Pada suatu event di Pagar Budaya Betawi bang Chayoen membuat suatu gebrakan ,biasanya untuk memenuhi perlengkapan tari beliau menyewa atau membeli baju tari.Yang dirasa kurang puas apabila beli,kurang pas lah,begitu kata Bang Chayoen.
Akhirnya Bang Chayoen bersama istri mencoba untuk membuat sendiri dengan modal seadanya,awal pembuatan pengerjaan  memakai jahitan tangan,sungguh luar biasa ,saya melihat  sangat takjub ,baju yang dijahit dengan tangan itu sangat rapi,bang Chayoen dan istri sangat terampil.
Sekarang ini sudah ada mesin jahit nya,jadi lebih cepat pengerjaannya.
Baju jadi yg biasa dibeli  dipasar biasanya Detil dan bahannya suka asal asalan,terkadang tidak sesuai dengan harganya,kurang memuaskan
beda dengan karya bang Chayoen ,bang Chayoen lebih mengutamakan kualitas dalam karyanya agar bisa bersaing.




Bang Chayoen terus mencari referensi untuk memperdalam pengetahuan tentang baju tari.Sekarang ini sudah bisa membuat baju tari dari jenis tarian tradisional beberapa daerah antara lain Betawi,Minang,Sunda,Bali,Jawa,dan tidak menutup kemungkinan semua jenis baju tari tradisional seluruh daerah di Indonesia bisa dibuat.
Dengan kegiatan ini bang Chayoen juga  bisa membuka lapangan pekerjaan kepada warga sekitar sanggar terutama ibu-ibu.

Saya melihat potensi untuk kreatifitas pembuat baju dan Accessories tari tradisional sangat minim di Jakarta,Sangat besar peluangnya .
Dan saya juga berharap dengan terusnya berkarya Seni Budaya Tradisi akan terus lestari.

Silahkan apabila ada kebutuhan properti Tarian Tradisional bisa menghubungi Sanggar Beksi H.Sulaiman yang beralamat di Jl.Kayu Besar RT 10/12 Kel :Tegal Alur Kec :Kalideres Jakarta Barat

Hari semakin sore,kegiatan selanjutnya kami akan melakukan latihan Lenong,Kami pamit untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Sangat besar potensi sanggar yang ada di jakarta
Akan terus tetap lestari Budaya ku


#Liputan Babanjoh
#Dokumentasi : Mpo Nda
#Model peraga:Ipeh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar