Senin, 29 Februari 2016

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) KE-1 PAGAR BUDAYA BETAWI



Jajaran Panitia LDK 1 dan BPH Pagar Budaya Betawi

Sebuah organisasi idealnya mempunyai Sumber Daya Manusia yang kompeten,untuk itu perlu dasar pembetukan Sumber Daya Manusia yang mumpuni (character Building).
Atas dasar pemikiran tersebut PAGAR BUDAYA BETAWI melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan untuk pertama kalinya.

Bertempat diVilla Asih dan Orange Cisarua,bogor,kegiatan berlangsung dari tanggal 27-28 februari 2016.Bertindak sebagai ketua Panitia adalah Bang Imam Bukhori.
Kegiatan ini di ikuti oleh Penasehat Pagar Budaya Betawi,BPH Pagar Budaya Betawi,dan pengurus-pengurus sanggar yang bernaung dalam Pagar Budaya Betawi.

Tema kegiatan ini adalah "Menanamkan Loyalitas sejak dini menuju Betawi Cerdas dan Kreatif"

Ketua Panitia Bang Imam Bukhori

Acara pembukaan pada hari pertama diawali dengan pembacaan ayat suci Alqura'n dibacakan oleh cing Daus,kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh bang amir.
Untuk lebih menanamkan jiwa patriotisme para peserta LDK menyanyikan Lagu Indonesia raya,bersama sama ,terlihat sangat hikmat para peserta LDK.
setelah itu ada beberapa sambutan2 antara lain dari ketua panitia bang imam bukhori,dan sambutan dari ketum Pagar Budaya Betawi Bang M.Yasin.

Menjelang sore acara inti dimulai yang pertama pembekalan materi mengenai Keorganisasian yang disampaikan oleh penasehat Hukum Pagar Budaya Betawi bang Abdul Gofur S.H,dalam materinya bang Gofur menyampaikan Dasar-Dasar dalam organisasi,dan juga cara kita berorganisasi.
Lalu dilanjutkan dengan pembekalan materi kedua mengenai KePagarBudya Betawian,yang disampai Oleh bang moh.Yasin,dalam materi ini bang yasin secara rinci menjelaskan histori dari Pagar Budaya Betawi,dan juga beberapa Unsur dalam Pagar Budaya Betawi,bang yasin berharap dengan semakin tahu akan Pagar Budaya Betawi,semakin cinta akan Pagar budaya Betawi,
"Pagar Budaya Betawi itu bukan punya yasin doang,Pagar Budaya Betawi itu milik kita semua"kira kira begitu bang yasin dalam kutipan materinya.
Menjelang maghrib istirahat sejenak ,sholat maghrib dan makan bersama.,materi selanjutnya akan disampaikan Ba'da Isya.
Ba'da Isya dilanjutkan pembekalan materi,kali ini materi tentang Leadership,yang disampaikan oleh Bang H.Muzamil selaku panasehat Pagar Budaya Betawi.
Bang H.Muzamil memberikan motivasi kepada seluruh peserta LDK,beliau juga berbagi pengalaman dalam hal kepemimpinan,karena beliau sangat banyak pengalaman dalam memimpin sebuah organisasi.

Semakin malam udara dikawasan puncak Cisarua semakin dingin,namun acara yang dikemas serius tapi santai terlihat malah semakin menghangatkan, acara ini dipandu MC babanjoh..
Dalam acara ini pun diadakan sesi tanya jawab,sekaligus diskusi,diskusi bertujuan melatih mental para peserta untuk terbiasa dalam forum diskusi.
Terlihat sangat antusias para peserta untuk mengikuti sesi ini,banyak yang memberanikan diri untuk berdiri dan berbicara didepan umum.
Malam kian larut para peserta pun sudah terlihat lelah,akhirnya untuk hari pertama LDK ditutup untuk istirahat.Esok harinya dilanjutkan kembali.

Hari kedua setelah sholat subuh,dilanjutkan Bugar Pagi dan sarapan pagi,para peserta LDK digiring kelapangan untuk diadakan Game Outbound.

Ada Game komunikata yang bertujuan untuk bekerjasama dalam tim dan saling berkomunikasi dalam hal apapun.
Ada juga Game Tangan bersambung,bertujuan saling mengeratkan silaturahmi,kebersamaan,pengertian dan bahu membahu dalam sebuah tujuan.
Dihari kedua peserta sangat ceria ,sangat menikmati momen kebersamaan .

Ada hal yang sangat kental dalam kegiatan ini,para peserta yang notabene dari beberapa sanggar Budaya betawi,terdiri dari berbagai macam latar belakang,karakter ,menjadi satu.
Bukti dari persatuan adalah begitu antusiasnya saat Bendera Pagar Budaya Betawi dibagikan,terlihat rasa cinta dan memiliki,semoga saja kita semakin erat silaturahminya,semakin istiqomah dan bahu membahu dalam mengembangkan Seni Budaya Betawi.

Tribaihafi dan Akbar peserta LDK Terbaik
Sesi Makan Bersama Penuh Keakraban
                                                  

Penutupan acara dilakukan Ba'da Zuhur,setelah itu siap siap para peserta berkemas untuk kembali ke Jakarta.
Raut muka bahagia terlihat jelas dari peserta,mudah-mudahan banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini.
Semoga akan tercipta generasi betawi yang cerdas,kreativ dan inovativ
Terus bersatu ,bahu membahu dalam mengembangkan Seni Budaya Betawi



Peserta serius dalam pembekalan materi LDK
                        


Cing Daus kebagian Door Price
Game untuk saling erat menjaga silaturahmi


#liputan Babanjoh




2 komentar: